Minggu, 07 November 2010

Pengertian DVD-ROM ( kelompok 4 )

Sebuah DVD-ROM (read-only memori) dapat menyimpan data yang dapat dibaca namun DVD tidak dapat ditulis untuk lebih lanjut. DVD-ROM menggunakan teknologi optik untuk membaca DVD dan CD. DVD-ROM memiliki jalur optik, drive yang memegang kepala laser, sebuah lensa dan perangkat bernama photodiodes, membaca cahaya yang kuat dari DVD pits. Sebuah DVD-ROM bergerak ke dua servo mechanism agar DVD berjalan dengan benar. Salah satu mekanisme memegang lensa dan disk pada jarak yang benar, dan yang kedua kepala bergerak sepanjang drive DVD dari radius. Laser kemudian menggunakan sebuah balok terang,setiap berhenti bouncing akan kembali ke dalam lensa. Lensa ‘photodiodes menerjemahkan dari sudut yang bias menjadi data dan informasi. PC yang terhubung ke DVD-ROM kemudian dianalisis oleh data yang dikirim dari diodes ke prosesor sendiri. Prosesor kemudian menentukan apa yang perlu dilakukan baik untuk memutar suara, video, games.
  •  Cara Kerja Dari DVD-ROM
Dengan mengacu pada gambar diatas yaitu: tepat di sebelah kanan pusat gambar adalah disk spin motor yaitu silinder abu-abu dengan hub abu-abu yang berpusat dan hitam cincin drive tangguh di atas. Sebuah penjepit ditarik ke bawah oleh magnet klem yang berfungsi untuk meningkatkan mekanisme setelah disc tray berhenti bergerak. Motor ini memiliki rotor eksternal pada setiap bagiannya. Casing logam abu-abu shock-mount di keempat sudutnya berfungsi untuk mengurangi kepekaan terhadap guncangan eksternal dan untuk mengurangi kebisingan drive ketika berjalan cepat. Grommet adalah sekrup untuk mengikat kebingkai plastik hitam itu di bawahnya.
Sebuah disk abu-abu berwarna gelap dengan dua lubang pada sisi yang berlawanan memiliki lensa biru yang dikelilingi oleh logam berwarna perak. Ini adalah lensa yang paling dekat dengan disk yang berfungsi baik membaca dan menulis dengan memfokuskan sinar laser ke tempat yang sangat kecil. Dalam disk merupakan aktuator yang terdiri dari magnet permanen yang berfungsi untuk menggerakkan lensa atas dan bawah untuk mempertahankan fokus pada lapisan data. Selain itu aktuator bergerak sedikit ke arah lensa dan jauh dari motor-spin spindle untuk menjaga tempat di trek. Kedua fokus dan pelacakan relatif cukup cepat dan sangat tepat. Untuk memilih trek (atau file) serta memajukan "papan luncur" secara terus menerus untuk membaca atau menulis operasi. Motor berputar pada leadscrew kasar-pitch untuk memindahkan "papan luncur"keseluruh kisaran total perjalanan. Motor sendiri adalah silinder abu-abu di sebelah kiri shock paling jauh pada mount.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar